Sekapur Sirih

Bismillahirrahmannirrahim..
Terlahir dengan nama "Lembaga Uno Itam" berharap mampu memberikan pelayanan terhadap pembangunan masyarakat dan lingkungan hidup.
Berawal dari keinginan untuk bangkit dari kondisi marginal yang terjadi di negara ini menjadi sebuah perlawanan berbasis masyarakat dengan mengilhami teori kedaulatan rakyat untuk mengembalikan semangat, kekuatan dan partisipasi masyarakat dalam membangun daerah.
Rancangan pergerakan berbasis komunitas untuk mencetak kader dan generasi yang penuh percaya diri dan memiliki mutu pemikiran kritis sehingga mampu menciptakan iklim "system harmoni" yang berani bertindak dan mengambil kaputusan yang berkualitas serta mampu bertanggungjawab.
Lembaga Uno Itam bersama masyarakat bertekad akan memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat dan daerah.
Dukungan dan kritik yang membangun dari rekan2 dalam jaringan sangat diharapkan untuk optimalnya sebuah gerakan pembangunan masyarakat.
Semoga Lembaga Uno Itam dapat diterima oleh kita semua.

Wassalam
UNO ITAM

Kamis, 04 Februari 2010

Inisiasi pembentukan Forum DAS Krueng Seunagan


Lembaga Uno Itam beberapa waktu lalu melakukan assessment dalam rangka inisiasi pembentukan Forum DAS Krueng Seunagan - Nagan Raya, kegiatan dimulai dengan mengadakan FGD di Desa Blang Baro Rambong dalam mengumpulkan dan membagi informasi tentang kearifan lokal pengelolaan lingkungan khususnya Daerah Aliran Sungai.
FGD ini mengikutsertakan seluruh perangkat desa Blang Baro Rambong sebagai sebuah desa yang berada dekat dengan hutan dan berbatasan langsung dengan Krueng Seunagan.
FGD ini menghasilkan kesepakatan masyarakat untuk mendukung berdirinya sebuah Lembaga dalam bentuk Forum DAS.
Kondisi DAS Krueng Seunagan semakin hari semakin kritis yang ditandai dengan banyaknya aktifitas di dalam dan di sekitar DAS Krueng Seunagan dalam bentuk penambangan dan lainnya, kondisi di Hulu DAS Krueng Seunagan yang sebagian besar merupakan hutan lindung juga tidak kalah miris dengan kegiatan illegal logging dan perladangan yang menggunakan lahan di sisi kiri dan kanan badan sungai Krueng Seunagan. Keadaan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan membutuhkan penangan intensif dari semua kalangan dan partisipatif semua pihak karena dikhawatirkan akan menghasilkan bencana alam yang akan merugikan masyarakat sekitar.
Hutan Lindung di Hulu Krueng Seunagan menyimpan mistery Biodiversity yang tinggi dan belum di eksplorasi secara study scientis, daya tarik riam Krueng Seunagan sebagai wahana wisata juga tidak kalah menariknya untuk dikembangkan..semua ini menunggu kreatifitas kita semua untuk mengembangkannya.
semoga potensi yang disediakan alam ini berbuah kebajikan untuk semua makhluk di muka bumi ini.

Wassalam
Efendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar